Cara Mengatasi Sinyal Parabola Mini Hilang Saat Hujan

 

 

Cara Mengatasi Sinyal Parabola Mini Hilang Saat Hujan – Bagi pengguna parabola mini pasti pernah mengalami hilang sinyal saat terjadi hujan. Memang, hal ini sangat menganggu apalagi saat asik-asiknya menonton tayangan favorit kita di TV.

Sebetulnya tidak hanya saat hujan, saat mendung hitam pekat pun bisa membuat sinyal yang tadinya full menjadi berkurang secara dratis. Hal tersebut lah yang sampai saat ini menjadi keluhan pengguna parabola mini.

Dibalik kekurangan diatas, parabola jenis mini juga memiliki kelebihan sendiri, antara lain harga yang relatif lebih murah, mudah dipasang, bentuk dish yang simple dan tidak banyak memakan banyak tempat serta gambar yang cukup jernih.

 

Mengapa Parabola Mini Tidak Tahan Hujan ?

Hal ini terjadi katika gelombang sinyal elektromagnetik dalam jangkauan gelombang mikro terserap oleh curah hujan yang membuat penurunan kualitas sinyal. Mengapa demikan, karena gelombang mikro ini sangat rentan terhadap air hujan.

Dengan demikian, sinyal dari satelit yang berada di atas sana tidak tersalurkan ke penangkap sinyal di parabola (LNB) dengan baik. Nah, hal ini yang membuat siaran televisi anda menjadi patah-patah seperti kaset rusak.

Walaupun wilayah anda tidak hujan, tetapi sinyal dari satelit tersebut melewati awan hitam pekat, hal ini juga bisa  mengurangi kualitas sinyal parabola mini anda.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi ini ? memang kita tidak bisa mencegah secara 100% kondisi ini, karena hal ini merupakan penyakit bawaan dari parabola mini. Tugas anda hanyalah mengurangi dampak air hujan pada parabola mini, bagaimana caranya ? simak informasi berikut ini:

 

Artikel Terkait :

 

Cara Mengatasi Sinyal Parabola Mini Hilang Saat Hujan?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut saya berikan caranya sebagai berikut. Antara lain :

 

1. Perawatan Dish

 

Freepik.com

 

Merawat komponen-komponen dari parabola adalah hal yang wajib dilakukan bagi pengguna parabola. Contoh sederhana nya adalah membersihkan dish yang berkarat. Hal ini bisa menyebabkan dish cepat rusak dan penangkapan sinyal oleh dish menjadi tidak bagus.

Lihat juga apakah sekitar dish parabola ada sesuatu yang menutupi atau tidak, seperti ranting pohon dan dedaunan. Tidak ada salahnya juga untuk memberi botol aqua ke LNB pada dish. Hal ini bisa sedikit mengurangi gambar macet saat hujan di televisi.

 

2. Memaksimalkan Kualitas Sinyal

 

Kualitas sinyal yang bagus akan membuat sinyal cenderung lebih stabil. Jadi, jika terjadi mendung atau hujan turun, kualitas sinyal tidak hilang begitu saja dan masih bisa ditonton. Berbeda dengan kualitas sinyal yang lemah, terkena hujan sedikit saja pasti akan hilang gambar nya.

Saya sarankan untuk mendapatkan sinyal satelit minimal 70%, hal ini dilakukan untuk mengurangi kualitas sinyal yang tiba-tiba menurun drastis saat hujan. Lakukan dengan hati-hati, karena arah dish yang berubah sedikit saja, akan sangat memengaruhi kualitas sinyal.

 

3. Ganti Dish Menjadi Lebih Besar

 

Parabola, Tv, Menonton Tv, Penerimaan
Pixabay.com

 

Semakin besar dish yang dipakai maka akan semakin bagus juga kualitas penangkapan sinyalnya. Tidak hanya itu, dish yang besar bisa mengurangi hilangnya sinyal saat mendung atau hujan tiba. Namun, rata-rata dish yang saya lihat di tempat user, mereka masih menggunakan dish yang 45 cm an.

Jika anda tidak ingin terganggu untuk menonton TV di parabola mini saat hujan, cara ini bisa anda lakukan yaitu mengganti dish dengan ukuran yang lebih besar. Namun, ini kembali ke pribadi anda sendiri.

 

4. Pindah ke Parabola Jaring

 

Parabola, Atap, Televisi, Antena, Tv
Pixabay.com

 

Cara yang terakhir adalah ganti dish mini anda ke dish jaring. Karena dish jaring adalah parabola yang tahan di segala cuaca, saat mendung atau hujan deras pun kualitas sinyal akan tetap stabil. Jika berkurang, hanya sekitar 1-5 5 an saja.

Saya sendiri, lebih suka dish jaring dibanding dish mini, memang dish mini memiliki harga yang relatif lebih murah dan mudah dipasang. Tetapi, kualitas penangkapan sinyal menurut saya lebih bagus yang dish jaring. Tak hanya itu, dish jaring juga cocok untuk melakukan tracking satelit mana saja.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi parabola mini hilang sinyal saat hujan. Dibalik kelebihan yang dimiliki parabola mini, pasti ada juga kelemahannya. Tergantung bagaimana kita menyikapi dan mengakali masalah ini.

Demikianlah artikel ini saya tulis, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman anda agar artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Sekian dan Terima Kasih..

 

Artikel Terkait :

 

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *