Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC – Pernahkah anda mendengar istilah Bootloop ? Mungkin istilah ini terdengar asing bagi orang yang baru mengenal HP Android. Namun, bagi orang-orang yang sering memodifikasi Android, istilah ini sudah bisa terdengar.

HP Bootloop seperti ini, memang cukup menganggu. Apalagi jika di alami oleh orang yang belum paham mengenai HP Android. Namun, jika di alami oleh seorang opreker Android, hal ini sudah di anggap biasa dan tidak ambil pusing.

Nah, jika anda sedang mengalami hal ini, tak usah khawatir. Karena pada artikel ini akan saya kupas tuntas mulai dari Apa Itu Bootloop? Apa Penyebab nya ? dan Bagaimana Cara Mengatasi HP Android yang Bootloop ?

 

Apa Itu Bootloop ?

Bootloop adalah sutu kondisi dimana saat HP booting pertama tidak bisa masuk ke homescreen atau tampilan menu utama melainkan hanya stuck di Logo saja.

Seperti diketahui, proses Booting merupakan tahap awal atau pertama kali untuk memulai menyalakan HP Android. Contoh nya saat Ponsel dalam keadaan mati dan anda ingin menyalakan dengan menekan lama tombol power, maka Android tersebut akan menyala.

Nah, saat Booting pasti sering terlihat Logo merk HP yang di gunakan. Jika terjadi gagal Booting (Bootloop) maka ponsel tersebut akan stuck dan berhenti di situ saja.

Lalu, Apa Penyebab terjadi nya Bootlop ? dan Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Bootloop ? Berikut saya tuliskan penjelasan secara lengkap

 

Artikel Terkait :

 

Penyebab Bootloop Pada HP Android

 

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC
Sumber : Pixabay.com

 

Proses gagal Booting ini biasanya di sebabkan oleh vendor atau pihak pengembang, namun tidak sedikit juga yang di sebabkan oleh kelalaian pengguna sendiri.

1. Melakukan Setelan Pabrik

Reset ke pengaturan pabrik bertujuan untuk memulihkan kondisi ponsel Android ke pertama kali di gunakan. Dengan artian akan menghapus seluruh file di dalam nya dan mengembalikan tampilan asli seperti semula.

Namun siapa sangka, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadi nya gagal booting (Bootloop) pada HP Android. Kondisi ini terjadi karena salah dalam melakukan reset atau bisa juga memang terjadi error dari developer Android nya.

 

2. Melakukan Root

Jika belum paham cara melakukan Root Android, jangan coba-coba melakukan nya. Bisa jadi malah Ponsel Android anda yang mengalami Bootloop. Parahnya juga bisa menyebabkan Softbrick hingga Hardbrick (mati total).

Memang, melakukan Root Android bisa menambah kinerja, performa, hingga memperindah tampilan UI Android menjadi lebih baik di banding versi bawaan nya.

 

3. Install Custoom Room

Melakukan proses installasi Custoom Room memang bertujuan untuk meningkatkan performa Android. Tak hanya itu proses ini juga bertujuan untuk merubah keseluruhan tampilan bawaan Android.

Tetapi, hal ini juga bisa menyebabkan terjadi nya gagal booting. Mengapa demikian, karena salah dalam pemilihan Cusroom atau Cusroom yang di pilih bukan di buat untuk Android tersebut.

 

4. Memori Internal Penuh

Siapa sangka, memori internal yang sudah penuh bisa menyebabkan Bootloop. Kondisi ini pernah saya alami saat penyimpanan internal sudah penuh di tambah sering nga-hang atau lemot saat di sentuh dan saat di matikan malah tidak bisa masuk ke menu utama (Home Screen).

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena di dalam sistem sudah tidak ada tempat/ruang kosong untuk Android tersebut melakukan kerjanya. Alhasil, terjadi lah Bootloop.

 

5. Install File Mod

Jangan asal menginstall file mod, sesuaikan terlebih dahulu dengan merk, jenis procesor, versi android dll. sebelum melakukan installasi file mod.

Biasanya, bagi pengguna yang menginginkan performa bagus di tambah baterai irit pada ponsel Android nya. Untuk itu, mereka menginstall Kernel modifikasi. Tetapi, mereka hanya asal-asalan download dan tidak meperhatikan ketentuan nya.

 

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC

 

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC
Sumber : Pixabay.com

 

Setelah memahami dan menganalisa beberapa penyebab HP Android Bootloop, sekarang saat nya anda untuk memperbaiki nya. Berikut cara nya :

1. Restart Ponsel

Jika menggunakan HP dengan jenis bateri Removable, anda bisa melepas baterai nya dulu, Lalu pasang kembali dan hidupkan. Sedangkan jika anda menggunakan Android dengan jenis baterai Non-Removable atau baterai tanam, cobalah tekan tombol power secara lama hingga mati, lalu hidupkan kembali.

Setelah itu masuk mode recovery, dengan cara tekan tombol power bersamaan dengan volume down. Tunggu hinga masuk mode recovery. Lalu pilih Reboot System Now.

Jika Bootloop pada HP Android anda belum parah, biasanya dengan melakukan restart seperti ini ponsel anda masih bisa teratasi.

 

2. Wipe Cache

Sama seperti di atas, masuk lah terlebih dahulu ke Recovery Mode Android. Lalu cari Wipe Cache Partition dengan menggunakan tombol Vol. Up dan Vol. Down untuk mengarahkan ke atas dan ke bawah. Untuk memilih nya, tekan tombol power.

Melakukan proses ini tidak akan menghapus data-data dalam Ponsel anda. Karena, proses ini hanya menghapus cache yang memenuhi penyimpanan anda.

 

3. Factory Reset

Jika sudah melakukan Reboot system dan Wipe Partisi masih belum pulih, mungkin anda harus melakukan factory reset. Tetapi, jika melakukan ini anda harus siap-siap kehilangan data di HP anda.

Caranya dengan masuk ke Recovery Mode lalu bergeser ke bawah dengan tombol vol.down. Pilih lah Wipe Data/Factory Reset tekan pilih dengan tombol power. Seterus nya pilih OK saja hingga proses reset selesai.

 

4. Install Ulang Room

Jika HP Android anda sudah terinstall Custoom Recovery seperti CWM dan TWRP itu lebih mudah untuk mengatasi. Karena bisa melakukan install room dengan sesuka hati.

Pasti anda sudah paham mengenai bagian ini, jika anda punya backup an room bawaan, bisa juga melakukan restore room tersebut untuk mengembalikan tampilan ke posisi semula.

 

Penutup

Ada beberapa penyebab terjadinya Bootloop pada HP Android antara lain : Reset setelan pabrik, Melakukan Root, Install Custoom Room, Memori Internal penuh, dan Mengintsall Mod.

Di atas juga sudah saya tuliskan mengatasi Hp Android Bootloop, antara lain : Reboot System, Wipe Partisi, Factory Reset, dan Install ulang Room.

Sekian artikel dengan judul Cara Mengatasi HP Android Bootloop Tanpa PC ini saya tulis. Semoga bisa membantu mengatasi HP Bootloop anda. Terima Kasih..

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *