Mengatasi Intensitas Dan Kualitas Sinyal Hilang Pada Parabola

Mengatasi Intensitas Dan Kualitas Sinyal Hilang Pada Parabola – Bagi anda pengguna Parabola, pasti tidak asing lagi dengan indikator di atas. Yak, kedua indikator tersebut memang memiliki arti yang berbeda.

Biasanya yang dilakukan para teknisi sebelum melakukan perbaikan, mereka melihat Intensitas dan Kualitas Sinyal terlebih dahulu. Setelah itu, teknisi akan menganalisa apa penyebab masalah pada antena parabola.

Tidak hanya teknisi, kita sebagai pengguna parabola sepatutnya memahami kedua indikator tersebut. Mengapa demikian, karena jika terjadi kerusakan pada parabola seperti sinyal yang hilang secara tiba-tiba bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Nah, pada artikel ini akan saya jelaskan arti dan cara menganalisa hilang nya sinyal parabola melalui kedua indikator tersebut. Berikut ini informasinya :

 

Artikel Terkait :

 

Intensitas Dan Kualitas Sinyal Parabola

Mengatasi Intensitas Dan Kualitas Sinyal Hilang Pada Parabola

 

Kita bahas Intensitas Sinyal terlebih dahulu, Apa sih Intensitas Sinyal Parabola itu ? meungkin banyak pengguna yang tahu, namun hanya sebatas tahu saja dan belum mengetahui arti nya.

Intensitas sinyal merupakan indikator yang menunjukkan kinerja penangkapan sinyal satelit oleh LNB Parabola. Jadi, sinyal dari setelit tidak bisa tersalurkan ke receiver parabola dengan baik.

Berbeda dengan Kualitas Sinyal pada Parabola yang memiliki arti sebagai penunjuk kekuatan sinyal dari satelit. Semakin pas arah parabola dengan satelit yang dituju, maka indikator angka nya pun lebih banyak.

 

Mengetahui Penyebab Sinyal Hilang Melalui Intensitas Dan Kualitas Sinyal

Ya.. Seperti yang saya katakan di atas, kedua indikator ini bisa menjadi patokan untuk mengetahui penyebab sinyal hilang. Untuk mengetahui, berikut penjelasan nya:

 

Intensitas Sinyal 0% dan Kualitas Sinyal 0%

Jika Receiver Parabola anda mengalami hal seperti ini, di mana Intensitas dan Kualitas sinyal menunjukkan 0% atau hilang semua, berarti ada masalah penangkapan sinyal pada parabola.

Berikut bagian yang harus anda cek, antara lain :

  • LNB : Komponen ini merupakan bagian utama yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari satelit. Jika LNB tidak berfungsi, maka sinyal tidak dapat muncul di  receiver parabola.
  • Kabel Co-Axial : Selain LNB, penyebab lain juga bisa terjadi karena kabel yang menghubungkan LNB dengan receiver tidak berfungsi. Biasanya kabel Co-Axial ini mengalami sobek atau terhimpit benda lain.
  • Switch : Jika parabola menggunakan ini, bisa menjadi salah satu penyebab intensitas sinyal 0%. Penyebabnya bisa switch yang rusak atau kabel yang terlepas dari switch tersebut.
  • Receiver : Saya pernah menemui intensitas sinyal 0% namun saya mengecek 3 komponen di atas dalam kondisi baik. Ternyata, masalahnya terjadi pada receiver. Receiver Terlalu usang, mungkin menjadi faktor nya dan harus di ganti dengan model baru.

 

Intensitas Sinyal 60% Namun Kualitas Sinyal 0%

Jika receiver parabola anda sedang mengalami kondisi ini, berarti ada masalah kekuatan sinyal yang di tangkap. Apa saja penyebab nya ? Berikut uraian nya :

  • Arah Dish Berubah : Posisi Dish yang tidak pas dengan arah satelit bisa menjadi salah satu penyebab nya. Ketahui sarah orbit satelit yang anda tuju lalu arahkan dengan benar.
  • Frekuensi Berubah : Setiap tahun nya, frekuensi dari setiap channel pasti mengalami perubahan. Nah, anda harus selalu update informasi ini. Setelah itu, masukkan frekuensi terbaru lalu scan pasti akan muncul.
  • Salah Pengaturan : Cek pengaturan antena pada parabola anda, setelan yang harus anda cek antara lain : Frekuensi (5150 untuk C band dan Universal untuk KU Band),  Port LNB (Pilih 1,2,3,4)  dan Switch 22k (ON/OFF).
  • Receiver : Jika ke-tiga faktor di atas sudah anda periksa namun kondisi nya dalam keadaan baik, kemungkinan faktor penyebab nya terjadi pada receiver. Coba ganti sementara dengan rceiver lain untuk memastikan bahwa receiver yang menjadi masalah.

 

Artikel Terkait :

 

Penutup

Setelah membaca ulasan saya di atas, semoga anda bisa menganalisa dan memperbaiki sendiri Parabola yang hilang sinyal. Diatas sudah saya jelaskan secara rinci.

Demikianlah artikel tentang Mengatasi Intensitas Dan Kualitas Sinyal Hilang Pada Parabola. Semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi ini. Terima Kasih..

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *