Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang

Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang – Siaran televisi Parabola yang hilang atau gelap memang sangat meresahkan, karena kita tidak bisa menyaksikkan acara favorit di TV lagi. Semua merk dan jenis receiver parabola pasti pernah mengalami hal ini.

Salah satu contoh nya adalah di Receiver K Vision. Di mana receiver ini cukup banyak penggunanya di Indonesia. Pengguna receiver ini, kerap kali merasakan gangguan penyiaran di TV mereka.

Mereka mengeluh, mengapa siaran K Vision hilang ? keluha mereka sering di unggah di media social seperti facebook atau yang lain nya.

Nah, jika anda sedang mengalami hal serupa, simak artikel saya ini sampai selesai. Karena masalah ini akan saya kupas tuntas sesuai pengalaman yang pernah saya jumpai.

 

Artikel Terkait :

 

Penyebab Siaran Pada K Vision Hilang

 

Siaran K Vision hilang
Sumber | Pixabay.com

 

Ketehui terlebih dahulu apa penyebab dari hilangnya siaran atau channel yang ada di Receiver K Vision. Saya akan bedakan menjadi 2, yaitu kesalahan dari program/software dan hardware atau komponen-komponen pada parabola  Berikut informasi nya :

 

Kesalahan Pada Program Software

1. Receiver Belum Teraktivasi

Biasanya, hal ini sering terjadi di receiver K Vision yang masih baru. Ketika anda membeli di sebuah penyedia receiver, namun belum di aktivasi oleh pemilik toko tersebut. Alhasil, siaran-siran pada K Vision belum bisa muncul dan di tonton.

 

2. Salah Konfigurasi

Dalam hal ini, banyak penyebab nya. Bisa salah pencet dari pengguna nya sendiri atau mau mengotak-atik tetapi yang terjadi malah siaran nya hilang semua.

Memang, cukup riskan sebetul nya untuk mengotak-atik program di receiver K Vision ini jika tidak memiliki pengetahuan tentang dunia persatelitan.

 

3. Frekuensi Berubah

Frekuensi yang berganti memang sangat umum terjadi. Bukan hanya di Receiver K Vision saja, melainkan di seluruh merk receiver pasti pernah mengalami.

Penyebab berubah nya frekuensi ini adalah untuk meningkatkan kualitas gambar siaran dari channel tersebut.

 

4. Pindah Satelit

Sama hal nya seperti frekuensi yang berubah, perpindahan satelit ini juga bisa menjadi salah satu penyebab hilang nya siaran di receiver.

Seperti dulu saat peralihan dari satelit Palapa D ke Telkom 4, mau tidak mau semua harus mengubah arah dari Palapa ke Telkom.

 

Kerusakan Pada Komponen Parabola

1. Receiver Error

Receiver yang mengalami error bisa menjadi faktor penyebab hilang nya siaran. Biasanya, karena umur receiver yang sudah cukup lama atau ada komponen yang rusak di dalam nya yang menjadi penyebab.

 

2. Arah Dish Berubah

Arah Dish yang salah, meyebabkan siaran tidak dapat muncul di layar Televisi anda. Biasanya, berubah nya arah Dish ini di sebabkan karena aingin yang kencang di tambah baut tidak terpasang dengan pas. Alhasil, dish menjadi berubah arah.

 

3. Kabel Co-Axial Terjepit

Kabel Co-Axial adalah kabel yang menghubungkan LNB dengan Receicer sebagai alat untuk mentransmisikan sinyal dari satelit. Kebanyakan, kabel tersebut terhimpit suatu benda seperti genteng yang membuat aliran sinyal terhambat. Ada juga yang termakan tikus dan menyebabkan hilang nya siaran.

 

4. LNB Rusak

Bagian LNB adalah komponen utama penangkap sinyal Jika rusak, maka tidak bisa menangkap sinyal. Biasanya LNB sering kemasukkan air atau menjadi sarang burung. Hal ini lah yang menyebabkan LNB tidak berfungsi.

 

 

Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang

 

Siaran K Vision Hilang
Sumber | Pixabay.com

 

1. Aktivasi Receiver

Melakukan aktivasi receiver K Vision memang cukup mudah sebetul nya. Ada 4 cara untuk melakukan aktivasi yaitu bisa melalui SMS, Whatsapp, Telegram, atau Line. Untuk lebih lanjut nya, bisa membaca artikel saya sebelum nya yaitu : “Cara Aktivasi Receiver Baru K vision”

 

2. Program Ulang Setelan K Vision

Ketahui jenis LNB Parabola apa yang anda gunakan. Jika C Band atau jaring, anda harus menggunakan satelit K Vision C atau Telkom 4 dengan Frekuensi  3860 V 31000 dan 4160 V 31000. 

Sedangkan jika menggunakan KU Band, anda harus menggunakan satelit K Vision KU atau Measat 3A yaitu 12396 H 31000 dan 12436 H 31000.

 

3. Reset Receiver

Reset di lakukan untuk mengembalikan setelan bawaan pabrik sama seperti awal saat membeli. Hal ini bisa anda lakukan jika tidak bisa melakukan program secara manual.

 

4. Ganti Receiver

Sebelum mengganti, pastikan apakah benar sumber hilang nya siaran adalah dari Receiver ? cara nya adalah coba ganti sementara dengan receiver lain apakah muncul atau tidak siaran nya.

Jika muncul berarti memang receiver nya yang bermasalah. Namun, jika tidak muncul berarti bisa di simpulkan bahwa kerusakan bukan dari Receiver.

 

5. Ubah Ulang Arah Dish Parabola

Arah Dish memang sangat perlu di perhatikan. Arah satelit dari LNB C Band dengan KU Band memang berbeda. Untuk Telkom 4, arah satelit berada di 108 derajat. Sedangkan untuk Measat 3A, berada di garis bujur 91,4 derajat.

 

6. Ganti Kabel Co-Axial

Setelah anda periksa memang kabel yang sudah rusak, lebih baik mengganti dengan yang baru. Kabel Co-axial bisa anda dapatkan di toko eletronik atau toko online.

 

7. Bersihkan atau Ganti LNB

Periksa secara Visual jika ada air yang menggenang atau saramg burung di LNB, lebih baik di hilangkan. Jika hal lebih parah nya terjadi seperti LNB sudah keropos atau pecah, saya sarankan untuk mengganti dengan yang baru.

 

Artikel Terkait :

 

Penutup

Bisa kita tarik kesimpulan, bahwa penyebab hilang nya siaran di K Vision bisa di bedakan menjadi 2, yaitu dari program nya yaitu Receiver belum teraktivasi, Frekuensi berubah, Pindah satelit, dan Salah melakukan program.

Sedangkan dari segi komponen keras nya, penyebab nya bisa dari Receiver yang sudah rusak, LNB rusak, Arah dish berganti, atau Kabel Co-axial yang rusak.

Sekian artikel dengan judul Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang ini. Selalu ikuti lah perkembangan artikel di blog maspurnomo.com ini untuk mendapatkan update informasi terbaru. Terima Kasih..

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *