Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul
Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul – Setelah aplikasi WhatsApp mobile terinstal, setiap pengguna harus menyelesaikan proses verifikasi akun. Selama proses ini, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor telepon Anda yang terdaftar.

Kode verifikasi WhatsApp sendiri terdiri dari kombinasi 6 digit angka dan huruf. Gagal memasukkan kode verifikasi 6 digit atau salah memasukkannya akan mengakibatkan pengguna tidak dapat mengakses akun WhatsApp mereka.

Kode verifikasi dimasukkan untuk memverifikasi bahwa nomor telepon yang terdaftar adalah pemilik sah akun WhatsApp Anda. Sebelum menerima kode verifikasi, pengguna harus terlebih dahulu memasukkan nomor teleponnya ke WhatsApp.

Kode verifikasi WhatsApp kemudian akan dikirim melalui SMS ke nomor ini. Namun, ada kalanya proses verifikasi akun WhatsApp Anda tidak semudah yang Anda kira. Dalam beberapa kasus, kode verifikasi WhatsApp mungkin tidak muncul di SMS.

Beberapa dari Anda mungkin pernah atau sedang menghadapi masalah ini. Mengapa kode verifikasi WhatsApp saya tidak muncul di SMS? Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Dimasukkan di SMS.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Video Whatsapp Tidak Dapat Tersimpan Ke Galeri

 

Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

1. Nomor HP Yang Digunakan Sudah Tidak Aktif

Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Pertama, alasan Anda tidak memasukkan kode verifikasi di WhatsApp untuk SMS karena nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif. Saat masa aktif habis atau habis, nomor telepon umumnya tidak lagi digunakan untuk menerima SMS dan panggilan.

Jadi, cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS bisa diatasi dengan memastikan nomor telepon Anda masih aktif.

Untuk memastikannya, akses menu Kontak ponsel Anda dan gunakan kode UMB Anda untuk menghubungi layanan operator Anda di nomor ini. Setiap operator memiliki kode UMB yang berbeda (misalnya *123# untuk nomor telepon XL Axiata).

 

3. HP Tidak Terhubung Dengan Koneksi Internet

Menurut halaman resmi WhatsApp, penyebab masalah ini juga mungkin karena ponsel pengguna tidak terhubung ke koneksi internet yang benar. Seperti diketahui, semua layanan WhatsApp bekerja menggunakan koneksi internet.

Jika ponsel Anda terhubung ke koneksi internet yang salah, Anda mungkin mengalami masalah dalam mengakses layanan WhatsApp, termasuk menerima kode verifikasi.

Cara untuk memperbaiki kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul di SMS dalam hal ini adalah dengan memastikan ponsel Anda terhubung ke koneksi internet yang benar. Untuk melakukan ini, kunjungi platform dan periksa kualitas koneksi internet Anda seperti Speedtest Ookla.

 

3. Kualitas Sinyal Yang Lemah

Ponsel Anda juga harus memiliki sinyal jaringan seluler yang baik untuk mendapatkan kode verifikasi dari WhatsApp. Mungkin butuh waktu lama untuk menerima kode verifikasi WhatsApp Anda karena sinyal jaringan seluler yang lemah.

Kualitas sinyal jaringan seluler dapat diperiksa langsung di ponsel. Untuk melakukan ini, lihat bilah sinyal atau bilah yang biasanya tercantum di bagian atas layar ponsel Anda. Jika Anda melihat banyak bilah kosong, itu berarti sinyal jaringan seluler ponsel Anda lemah.

 

4. Mode Pesawat Aktif

Anda harus memiliki jaringan seluler yang aktif untuk menerima SMS dengan kode verifikasi WhatsApp. Ini berarti Anda tidak akan dapat menerima kode saat mode Pesawat ponsel Anda aktif. Saat diaktifkan, telepon secara otomatis mematikan koneksi jaringan seluler.

Indikasi bahwa mode pesawat aktif adalah ikon pesawat yang muncul di bagian atas layar ponsel Anda. Anda bisa mematikan Airplane mode agar kode verifikasi WhatsApp terkirim sebagai SMS. Untuk melakukan ini, ketuk ikon Nonaktifkan Pesawat, biasanya di menu pengaturan cepat ponsel Anda.

 

5. Salah Memasukkan Nomor HP

Terakhir, alasan kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS adalah karena Anda mungkin memasukkan kombinasi nomor telepon yang salah.

Saat memverifikasi akun, nomor telepon tidak boleh diawali dengan ‘0’ dan harus dimasukkan. Ini karena kode negara yang digunakan. Misalnya, angka yang benar adalah ‘+62812121212’ (tanpa tanda kutip), bukan ‘+ 620812121212’. ” .

Jadi, pastikan Anda telah memasukkan kombinasi nomor telepon yang benar terlebih dahulu agar WhatsApp dapat menerima kode verifikasi dalam pesan SMS.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi Whatsapp Bermasalah Dan Tidak Bisa Dibuka

 

Kesimpulan

Jika kode verifikasi WhatsApp Anda tidak muncul di SMS Anda, Anda tetap dapat menerimanya melalui telepon, meskipun Anda memperhatikan 5 faktor di atas. WhatsApp akan memberi Anda kode verifikasi melalui panggilan telepon.

Saat WhatsApp tidak menerima kode verifikasi melalui SMS dalam jangka waktu tertentu, opsi untuk menelepon akan muncul secara otomatis. Batas waktu penerimaan kode biasanya 10 menit setelah memasukkan nomor telepon Anda.

Jika Anda belum menerima kode verifikasi di atas, coba segarkan ponsel Anda atau instal ulang WhatsApp. Ini adalah informasi tentang mengapa dan bagaimana cara memperbaiki kode verifikasi WhatsApp tidak muncul di SMS dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.